KULIAH UMUM

 

KULIAH UMUM

TEMA

"PEMERIKSAAN KEUANGAN NEGARA DAN PERAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA"

Guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasila dan dalam rangka mempererat jalinan kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta dan Badan Pemeriksa Keuangan  Republik Indonesia (BPK RI), maka pada hari Senin tanggal 18 November 2013 diadakan Kuliah Umum yang mengambil tema "Pemeriksaan Keuangan Negara dan Peran Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dalam Penegakan Hukum di Indonesia” bertempat di Aula Gedung Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta.

Kuliah Umum yang dihadiri pula oleh Rektor Universitas Pancasila dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila beserta jajarannya, disampaikan oleh Bapak Hasan Bisri, S.E, M.M yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua BPK RI. Bertindak sebagai moderator adalah Bapak Dr. Adnan Hamid, S.H., M.H.,M.M.

Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Prof.Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si. selaku Dekan FHUP, Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sampai saat ini tidak kurang sudah ada 8 (delapan) Lembaga Tinggi Negara yang telah hadir di FHUP untuk memberikan Kuliah Umum kepada para mahasiswa diantaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Bapak Bambang Widjajanto selaku salah satu Pimpinan KPK sedangkan yang terbaru adalah Bapak Hendarman Soepandji selaku Kepala Badan Pertanahan Nasional RI.
Beliau juga mengharapkan agar para mahasiswa dapat menyerap ilmu dan mengenal lebih jauh tentang BPK dan peranannya dalam penegakan hukum di Indonesia.

Pada kesempatan yang baik ini, Rektor Universitas Pancasila, Bapak Dr. Edie Toet Hendratno, S.H., M.Si. juga menawarkan Bapak Hasan Bisri, S.E., M.M. untuk kiranya dapat meluangkan waktunya menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila disela-sela kesibukkannya sebagai Wakil Ketua BPK yang kemudian penawaran tersebut disetujui oleh beliau.

Materi yang disampaikan pada kuliah umum adalah pengenalan lebih jauh tentang lembaga Badan Pemeriksa Keuangan RI dari mulai sejarah berdirinya sampai peranannya selama ini sebagai salah satu lembaga negara. Disampaikan pula bahwa berbicara tentang BPK tidak hanya bicara tentang angka-angka akuntansi tetapi bicara juga tentang hukum sehingga peran ahli hukum di lembaga tersebut sangatlah sentral.. Reformasi di bidang hukum yang telah dilakukan oleh BPK adalah mengenai Undang-undang Keuangan Negara, Undang-undang Perbendaharaan Negara dan Undang-undang Pemeriksaan dan Pengelolaan Keuangan Negara.

Pada kesempatan Kuliah Umum ini diisi pula sesi tanya jawab yang mendapat antusias tinggi dari para mahasiswa dan juga dari beberapa tenaga pengajar yang hadir.

Kuliah Umum ditutup dengan pemberian cindera mata oleh Dekan FHUP kepada Wakil Ketua BPK RI, Bapak Hasan Bisri, S.H., M.M.

 

                                                                                    Jakarta, 18 November 2013

                                                                   By: Hangki Prihanton, S.Sos.  (Humas FHUP)